Knoppix lebih cepat dari memori atau harddisk

Knoppix adalah distro Linux live-cd yang dapat dijalankan melalui CD-ROM tanpa instalasi di hard disk. Distro ini berbasis Debian Linux dan diciptakan oleh Klaus Knopper. Knoppix memiliki ragam aplikasi yang cukup lengkap dan dapat dipergunakan sebagai demo atau sarana belajar Linux bagi yang belum mempunyai ruang pada hard disknya. Knoppix juga dapat dipergunakan sebagai CD rescue.

Knoppix lebih cepat dari memori atau hard disk

Knoppix yang memiliki model distribusi Live CD mendapat banyak sambutan positif dari pengguna Linux dari segala lapisan karena kemudahan pemakaian yang ditawarkannya.
Hal ini tentu tidak mengherankan karena sistem operasi Linux ini secara instan dapat langsung digunakan tanpa harus meng-install-nya ke hard disk.
Dengan memasukkan CD-nya ke CD/DVD drive yang telah diarahkan lewat BIOS untuk mem-boot-nya pada urutan pertama, Knoppix secara otomatis akan aktif sesuai konfigurasi hardware PC sobat. Apabila sobat merasa metode Linux yang dijalankan langsung lewat CD masih terlalu lambat, Knoppix menyediakan dua cara lain untuk menjalankan sistem operasi Linux berikut aplikasi di dalamnya secara lebih cepat.
Cara pertama adalah meng-copy seluruh data yang ada di CD Knoppix ke memori PC dengan memberi kan parameter tambahan Knoppix toram setelah prompt Boot.
Cara kedua adalah mengakses file image Knoppix (ISO) yang ada di hard disk lokal dengan memberikan parameter tambahan Knoppix bootfrom=file ISO beserta letaknya. Misalnya file ISO-nya berada di partisi hdb3, maka berikan perintah : Knoppix bootfrom=/dev/hdb3/K*.iso,
Cara pertama jelas lebih cepat karena kecepatan akses ke memori yang jauh lebih cepat dibandingkan hard disk. Namun, syaratnya PC sobat harus dilengkapi dengan memori sekurang-kurangnya 1 GB.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Knoppix lebih cepat dari memori atau harddisk"

Poskan Komentar