Windows NT Browser Service

Windows NT Browser Service


Layanan browser Windows NT (Windows NT Browser Service atau Computer Browser Service) adalah sebuah layanan dalam sistem operasi Microsoft Windows NT, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista dan Windows Server 2008 yang bertanggungjawab untuk mengaktifkan penjelajahan sumberdaya jaringan (sebuah share direktori atau printer) dengan menggunakan perangkat bantu Windows Explorer atau Network Neighborhood. Layanan ini menyederhanakan tugas seorang pengguna untuk menemukan dan mengakses sumberdaya jaringan dengan menghilangkan keharusan mereka untuk mengingat path lokasi sumberdaya tersebut yang dinyatakan di dalam format Universal Naming Convention (UNC) atau sintaksis lainnya.

Jenis-jenis browser

Layanan Computer Browser akan memantau dan memelihara sebuah daftar semua sumberdaya jaringan yang ada, yang disebut sebagai browse list yang mengandung informasi tentang semua sumberdaya tersebut (lokasinya, keberadaannya, dan beberapa informasi lainnya). Komputer-komputer di dalam jaringan berbasis Microsoft Windows yang menjalankan layanan Computer Browser terbagi ke dalam beberapa peranan masing-masing, yakni sebagai berikut:
  • Domain Master Browser
    Mengumpulkan dan memelihara browse list utama yang terdapat di dalam sebuah domain berbasis Windows NT atau Active Directory, dan juga melakukan sinkronisasi daftar tersebut dengan semua Domain Master Browser di dalam domain yang berbeda. Domain Master Browser harus berupa komputer yang menggunakan sistem operasi Windows Server (Windows NT Server, Windows NT Enterpise Server, Windows NT Advanced Server, Windows 2000 Server, Windows 2000 Advanced Server, Windows 2000 Datacenter Server, semua seri Windows Server 2003, dan semua seri Windows Server 2008), yang difungsikan sebagai Primary Domain Controller (PDC).
    Sebuah mesin juga dapat dipaksa menjadi sebuah Domain Master Browser dengan menyunting registry, yakni pada alamat HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Browser\Parameters, dan tambahkan entri REG_SZ IsDomainMaster (jika belum ada), dan ubahlah menjadi TRUE jika telah ada.
  • Master Browser
    Mengumpulkan dan memelihara browse list utama yang terdapat di dalam sebuah domain berbasis Windows NT atau Active Directory dan mendistribusikan daftar tersebut kepada Backup Browser yang terdapat di dalam domain yang sama. Master Browser dapat berupa komputer yang menjalankan semua sistem operasi Windows NT, Windows 9x, atau Windows for Workgroups.
  • Backup Browser
    Memelihara salinan-salinan browse list utama yang diterimanaya dari Master Browser dan mendistribusikan daftar ini kepada klien yang melakukan request terhadap sebuah sumberdaya jaringan. Backup Browser dapat berupa komputer yang menjalankan semua sistem operasi Windows NT, Windows 9x, atau Windows for Workgroups.
    Sebuah mesin juga dapat dijadikan sebuah backup browser dengan menambahkan sebuah entri registry REG_SZ MaintainServerList dalam direktori HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Browser\Parameters (jika belum ada) dan atur menjadi nilai Auto.
  • Potential Browser
    Setiap komputer yang terdapat di dalam jaringan yang dikonfigurasikan sedemikian rupa sehingga dapat menganggap dirinya sendiri menjadi sebuah Master Browser atau Backup Browser. Master Browser dapat berupa komputer yang menjalankan semua sistem operasi Windows NT, Windows 9x, atau Windows for Workgroups.
    Sebuah mesin juga dapat dijadikan sebuah potential browser dengan menambahkan sebuah entri registry REG_SZ MaintainServerList dalam direktori HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Browser\Parameters (jika belum ada) dan atur menjadi nilai Auto.
  • Non-Browser
    Setiap komputer yang tidak dapat menjadi sebuah browser tapi dapat melakukan sharing terhadap sumberdaya jaringan dengan semua komputer dalam jaringan di mana ia berada. Disebut juga sebagai komputer klien.
Ketika sebuah komputer klien mencoba untuk mengakses sebuah sumberdaya di dalam jaringan, seperti halnya folder yang telah di-share dalam sebuah file server, maka klien tersebut pertama-tama akan mengontak terlebih dahulu Master Browser untuk mencari daftar Backup Browser yang ada. Selanjutnya, komputer tersebut akan mengontak Backup Browser untuk salinan browse list yang ada. Setelah klien tersebut telah memperoleh browse list, maka ia akan mengontak file server untuk mencari daftar share di dalam file server tersebut dan melakukan koneksi terhadap share yang diinginkannya, yakni dengan menggunakan protokol Server Message Block (SMB) atau Common Internet File System (CIFS).
Layanan ini menggunakan paket-paket yang dikirimkan secara broadcast. Untuk melakukan browsing dalam sebuah jaringan berbasis TCP/IP yang terdiri atas beberapa subnet yang dipisahkan dengan menggunakan router IP yang tidak meneruskan paket broadcast, gunakan layanan Windows Internet Name Service (WINS). Agar lebih optimal, konfigurasikan Domain Master Browser sebagai sebuah klien WINS, bukannya server WINS. Konfigurasi ini akan menjamin bahwa Domain Master Browser akan memiliki sebuah browse list yang terdiri di dalamnya semua sumberdaya di dalam setiap subnet di dalam jaringan internetwork tersebut, termasuk di antaranya adalah sumberdaya yang terletak di dalam domain Windows NT lainnya.

Cara kerja Windows NT browser service

Cara kerja Windows NT browser service
Cara kerja Windows NT browser service adalah seperti yang digambarkan dalam gambar berikut:
  1. Klien melakukan request terhadap browse list kepada master browser/domain master browser
  2. Master browser/domain master browser menjawab request tersebut dengan daftar backup browser yang tersedia.
  3. Klien selanjutnya akan melakukan request terhadap browse list kepada backup browser, yang ia ketahui sebelumnya dari master browser/domain master browser.
  4. Backup browser pun menjawab request dari klien dengan browse list yang ada padanya.
  5. Kemudian, klien pun melakukan request terhadap file server untuk memperoleh daftar share yang terkandung di dalam dirinya.
  6. File server pun kemudian menjawabnya dengan daftar share yang terkandung di dalamnya.
Sementara itu, sebuah master browser akan mengumpulkan browse list dengan cara-cara seperti di bawah ini:
  1. Master browser/domain master browser meminta kepada file server untuk informasi tentang dirinya dan semua daftar share yang terkandung di dalamnya.
  2. File server memberikan informasi tentang dirinya kepada master browser/domain master browser, untuk diolah menjadi sebuah browse list.
  3. Setelah memperoleh informasi dari file server, maka master browser pun akan mendistribusikan informasi ini kepada backup browser.

Browser election

Browser election adalah sebuah proses pemilihan sebuah master browser di dalam sebuah jaringan berbasis keluarga sistem operasi Windows NT dari setiap komputer yang merupakan potential browser. Jika sebuah mesin klien tidak dapat menemukan sebuah master browser di dalam jaringan, maka dirinya akan mengadakan proses "browser election" untuk menentukan dan memilih master browser yang baru. Cara ini dilakukan agar dalam sebuah jaringan selalu terdapat sebuah master browser, mengingat ketiadaan master browser akan menyebabkan klien-klien tidak dapat menemukan sumberdaya yang di-share di dalam jaringan dengan cepat.
Klien yang tidak dapat menemukan master browser akan menyebarkan paket yang disebut sebagai "election datagram" secara broadcast. Ketika terdapat sebuah mesin yang merupakan potential browser memperoleh datagram ini, maka dirinya akan menguji kriteria pemilihan (election criteria) yang terdapat di dalam datagram. Jika kriteria pemilihan yang dimiliki oleh mesin yang menerima datagram tersebut, maka mesin yang merupakan potential browser tersebut akan menyebarkan lagi paket "election datagram" miliknya sendiri, dan seterusnya hingga ditemukan sebuah mesin yang cocok menjadi master browser. Yang termasuk ke dalam kriteria pemilihan terhadap sebuah potential browser mencakup jenis sistem operasi, versi sistem operasi, jenis peranannya, dan juga nama NetBIOS yang digunakannya, sebagai berikut:
  • Kriteria jenis sistem operasi
Sistem operasi
Windows Server 2003, Windows 2000 Server, Windows NT 4.0 Server
Windows NT Server 3.51
Windows 2000 Professional/Windows XP
Windows NT Workstation 4.0
Windows NT Workstation 3.51
Windows 98
Windows 95
Windows for Workgroups 3.10
  • Kriteria jenis peranan sistem operasi:
Peranan
Primary domain controller
Windows Internet Name Service (WINS) client
Preferred Master Browser
Active Master Browser
Standby Browser
Active Backup Browser
  • Nama NetBIOS, yang disusun secara leksikografi (mirip kamus/ensiklopedia cetak). Sebagai contoh, ada dua komputer yang memiliki nama NetBIOS Kilo6 dengan Jebew4, maka yang akan dijadikan sebagai master browser adalah Jebew4, mengingat huruf J lebih awal muncul dibanding huruf K.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Windows NT Browser Service"

Poskan Komentar